Sejarah Agama Islam Berkembang Di Indonesia

Pada saat ini, Islam merupakan agama yang telah dianut oleh Sebagian besar dari masyarakat di Indonesia. penyebaran agama Islam di Indonesia sendiri pun telah dianggap berasal dari adanya beberapa sumber, seperti kegiatan pedagang oleh adanya para pedagang Muslim Arab, yang diadopsi oleh penguasa local, serta pun adanya pengaruh tasawuf.

Masuknya Islam di Indonesia

Beberapa dari sejarawan telah menyebutkan Islam pertma kali telah memasuki wilayan di Indonesia pada abad ke 7. Bukti dari sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia ini telah dimulai dari abad ke 7 Masehi telah ditunjukkan oleh berita China dari zaman Dinasti Tang.

Catatan tersebut pun telah menerapkan bahwa pada 674 M, di pantai barat Sumatera telah terdapat perkambungan yang bernama Barus atau Fansur, yang dihuni oleh Sebagian orang – orang Arab yang telah memeluk agama Islam.

Hal ini juga pun telah didukung oleh adanya keterangan para pedagang Muslim Arab dan Persia, yang memiliki hubungan dagang dengan adanya Kerajaan Sriwijaya di Palembang. Hal tersebut sangat memungkinkan bahwa melalui kontak bisnis, dapat terjadi pula kontak budaya serta agama antar masyarakat local dengan adanya pedagang Muslim.

Masa Sebelum Penjajahan

Meski pun agama Islam telah masuk ke Indonesia pada abad ke 7, penyebarannya pun baru terjadi pada sekitar abad ke 12. Pada awalnya, agama Islam diperkenalkan hanya melalui para pedagang Muslim Arab. Kemudian setelah itu, melewati aktivitas dakwah yang telah dilakukan para ulama.

Bukti yang telah memperkuat dugaan bahwa agama Islam telah mulai berkembang di Pulau Jawa pada abad ke 11 merupakan ditemukannya nisan Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik, yang berangka pada tahun 1082 M. selain itu pun, terdapat juga jirat atau batu nisan khas Gujarat di nisan makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik.

Di daerah Jawa lainnya, terdapat juga jirat yang dibuat pada saat masa Kerajaan Majapahit, yakni di Troloyo dan Trowulan. Kemudian jirat tersebut telah menunjukan bahwa pengaruh dari pemeluk agama Islam ini sudah ada sejak pada saat Kerajaan Majapahit.

Seiring dengan berjalannya waktu, poilitik agama Islam juga mulai bertumbuh pada abad ke 13 di pantai utara sumatera. Kemudian, secara umum, para pedagang local dan bangsawan kerajaan besar sekaligus merupakan orang-orang pertama yang mengadopsi agama baru. Kemudian penyebaran agama Islam pun mulai kian terasa setelah adanya seorang Pedagang Muslim menikahi wanita Indonesia.

Pasca Kemerdekaan Indonesia

Setelah adanya proklamasi kemerdekaan dilakukan, Indonesia menjadi negara Muslim terbesar kedua di dunia. Dengan perkembangan Muslim di Indonesia yang selanjutnya dapat membawa negara ini semakin dekat dengan pusat intelektual agama Islam.

Salah satu tokoh penulis modernis serta pemimpin agama di Indonesia yakni Abdul Malik Karim Amrullah. Beliau merupakan orang pertama yang melakukan tafsir al-Azhar di dalam bahasa Indoneisa.